LAPORAN KEGIATAN RUTIN MINGGUAN
PANGKALAN MI MIFTAHUL JANNAH
No.
|
Pertemuan Ke-
|
Acara
Kegiatan
|
Waktu
(5-10) menit
|
Sasaran
/ Tujuan
|
Penanggung
Jawab
|
Kegiatan
Pengganti
|
1
|
I
|
1.
Upacara
pembukaan latihan
2.
Materi
(Mengenal lambang pendidikan pramuka)
3.
Permainan
(memasangkan potongan-potongan lambang pendidikan pramuka menjadi satu
kesatuan yang utuh )
4.
Refleksi
5.
Upacara
penutupan latihan
|
6menit
10menit
9menit
7menit
5menit
|
Mengetahui lambang pendidikan pramuka, menumbuhkan jiwa
patriotisme pramuka, menjadikan pramuka sebagai generasi yang berbakti,
memiliki ketepatan, tanggung jawab, dan kekompakan.
|
Kak Rieska Seventina
|
Materi pengenalan lingkungan keluarga dan lingkungan sekitar
|
2
|
II
|
1.
Upacara
pembukaan latihan
2.
Materi
(Mengenal Dwisatya dan Dwidarma)
3.
Permainan
(Mengelompokkan dwisatya dan dwidarma )
4.
Refleksi
5.
Upacara
penutupan latihan
|
6menit
10menit
8menit
7menit
5menit
|
Mengetahui dan memahami dwisatya dan dwidarma, pramuka mampu
menerapkan dwisatya dan dwidarma, menjadikan pramuka yang memiliki ketepatan
dan keberanian.
|
Kak Rieska Seventina
|
Mapping atau pemetaan dan jelajah alam
|
3
|
III
|
1.
Upacara
pembukaan latihan
2.
Materi
(Mengenal macam-macam simpul dan kegunaannya)
3.
Permainan
(Rebut dan rampas tongkat yang telah diberi simpul)
4.
Refleksi
5.
Upacara
penutupan latihan
|
6menit
10menit
10menit
8menit
5menit
|
Mengetahui macam-macam simpul dan
kegunaannya, menjadikan pramuka yang cekatan, setiakawan, dan memiliki
kekompakan
|
Kak Rieska Seventina
|
Materi semaphore atau sandi dan praktik semaphore
|
4
|
IV
|
1.
Upacara
pembukaan latihan
2.
Materi
(Baris berbaris)
3.
Permainan
(Baut barisan, yaitu pramuka membuat barisan sesuai dengan aba-aba dari
pemandu secara cepat)
4.
Refleksi
5.
Upacara
penutupan latihan
|
6menit
10menit
10menit
9menit
5menit
|
Mengetahui kegiatan baris berbaris, menjadikan pramuka yang mampu
bekerjasama, cekatan, disiplin, bergembira, memiliki kekompakan dan
ketepatan.
|
Kak Rieska Seventina
|
Materi P3K (Pertolongan Pertama
Pada Kecelakaan)
|
5
|
V
|
1.
Upacara pembukaan latihan
2.
Materi KIM (Kemampuan Indera Manusia)
3.
Permainan (Tebak-tebakan)
4.
Refleksi
5.
Upacara penutupan latihan
|
5menit
10menit
8menit
7menit
5menit
|
Mengetahui indera manusia yang
meliputi melihat, membau, meraba, merasa, mendengar, dan kombinasi, membentuk
pramuka yang peka, disiplin, dan bergembira
|
Kak Rieska Seventina
|
Pionering
|
6
|
VI
|
1.
Upacara pembukaan latihan
2.
Materi semaphore
3.
Permainan (Ketepatan mempraktikan semaphore)
4.
Refleksi
5.
Upacara penutupan latihan
|
5menit
10menit
9menit
8menit
5menit
|
Mengetahui semaphore dan
kegunaannya, pramuka mampu mempraktikan semaphore, pramuka mampu bersikap cekatan,
kompak, dan memiliki ketepatan.
|
Kak Rieska Seventina
|
Sandi mata angin.
|
7
|
VII
|
1.
Upacara pembukaan latihan
2.
Ujian SKU
3.
Refleksi
4.
Upacara penutupan latihan
|
5menit
10menit
8menit
5menit
|
Mengetahui kemampuan-kemampuan
yang dimiliki pramuka, membentuk pramuka yang memiliki rasa disiplin, jujur,
dan tanggung jawab
|
Kak Rieska Seventina
|
Mengingat kembali materi pengenalan pendidikan pramuka dan
sejarahnya.
|
8
|
VIII
|
1.
Upacara pembukaan latihan
2.
Ujian SKK
3.
Refleksi
4.
Upacar penutupan latihan
|
6menit
10menit
7menit
7menit
|
Mengetahui kemampuan khusus yang
dimiliki pramuka, membentuk pramuka yang memiliki rasa jujur, disiplin,
semangat, dan bertanggung jawab.
|
Kak Rieska Seventina
|
Mengingat kembali penerapan
trisatya dan dasa dharma dalam kehidupan sehari-hari.
|
Mengetahui Pembina Gudep
Rieska Seventina
Tidak ada komentar:
Posting Komentar