Selasa, 29 Maret 2016

LAPORAN KEGIATAN RUTIN MINGGUAN pendidikan pramuka



LAPORAN KEGIATAN RUTIN MINGGUAN
PANGKALAN MI MIFTAHUL JANNAH

No.
Pertemuan Ke-
Acara Kegiatan
Waktu (5-10) menit
Sasaran / Tujuan
Penanggung Jawab
Kegiatan Pengganti
1
I
1.    Upacara pembukaan latihan
2.    Materi (Mengenal lambang pendidikan pramuka)
3.    Permainan (memasangkan potongan-potongan lambang pendidikan pramuka menjadi satu kesatuan yang utuh )
4.    Refleksi
5.    Upacara penutupan latihan
6menit
10menit

9menit



7menit
5menit
Mengetahui lambang pendidikan pramuka, menumbuhkan jiwa patriotisme pramuka, menjadikan pramuka sebagai generasi yang berbakti, memiliki ketepatan, tanggung jawab, dan kekompakan.
Kak Rieska Seventina
Materi pengenalan lingkungan keluarga dan lingkungan sekitar
2
II
1.     Upacara pembukaan latihan
2.     Materi (Mengenal Dwisatya dan Dwidarma)
3.     Permainan (Mengelompokkan dwisatya dan dwidarma )
4.     Refleksi
5.     Upacara penutupan latihan
6menit
10menit

8menit

7menit
5menit
Mengetahui dan memahami dwisatya dan dwidarma, pramuka mampu menerapkan dwisatya dan dwidarma, menjadikan pramuka yang memiliki ketepatan dan keberanian.
Kak Rieska Seventina
Mapping atau pemetaan dan jelajah alam
3
III
1.      Upacara pembukaan latihan
2.      Materi (Mengenal macam-macam simpul dan kegunaannya)
3.      Permainan (Rebut dan rampas tongkat yang telah diberi simpul)
4.      Refleksi
5.      Upacara penutupan latihan
6menit
10menit


10menit


8menit
5menit
Mengetahui macam-macam simpul dan kegunaannya, menjadikan pramuka yang cekatan, setiakawan, dan memiliki kekompakan
Kak Rieska Seventina
Materi semaphore atau sandi dan praktik semaphore
4
IV
1.     Upacara pembukaan latihan
2.     Materi (Baris berbaris)
3.     Permainan (Baut barisan, yaitu pramuka membuat barisan sesuai dengan aba-aba dari pemandu secara cepat)
4.     Refleksi
5.     Upacara penutupan latihan
6menit
10menit
10menit



9menit
5menit
Mengetahui kegiatan baris berbaris, menjadikan pramuka yang mampu bekerjasama, cekatan, disiplin, bergembira, memiliki kekompakan dan ketepatan. 
Kak Rieska Seventina
Materi P3K (Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan)
5
V
1.    Upacara pembukaan latihan
2.    Materi KIM (Kemampuan Indera Manusia)
3.    Permainan (Tebak-tebakan)
4.    Refleksi
5.    Upacara penutupan latihan
5menit
10menit

8menit
7menit
5menit
Mengetahui indera manusia yang meliputi melihat, membau, meraba, merasa, mendengar, dan kombinasi, membentuk pramuka yang peka, disiplin, dan bergembira
Kak Rieska Seventina
Pionering
6
VI
1.    Upacara pembukaan latihan
2.    Materi semaphore
3.    Permainan (Ketepatan mempraktikan semaphore)
4.    Refleksi
5.    Upacara penutupan latihan
5menit
10menit
9menit

8menit
5menit
Mengetahui semaphore dan kegunaannya, pramuka mampu mempraktikan semaphore, pramuka mampu bersikap cekatan, kompak, dan memiliki ketepatan.
Kak Rieska Seventina
Sandi mata angin.
7
VII
1.   Upacara pembukaan latihan
2.   Ujian SKU
3.   Refleksi
4.   Upacara penutupan latihan
5menit
10menit
8menit
5menit
Mengetahui kemampuan-kemampuan yang dimiliki pramuka, membentuk pramuka yang memiliki rasa disiplin, jujur, dan tanggung jawab
Kak Rieska Seventina
Mengingat kembali  materi pengenalan pendidikan pramuka dan sejarahnya.
8
VIII
1.   Upacara pembukaan latihan
2.   Ujian SKK
3.   Refleksi
4.   Upacar penutupan latihan
6menit
10menit
7menit
7menit
Mengetahui kemampuan khusus yang dimiliki pramuka, membentuk pramuka yang memiliki rasa jujur, disiplin, semangat, dan bertanggung jawab.
Kak Rieska Seventina
Mengingat kembali penerapan trisatya dan dasa dharma dalam kehidupan sehari-hari.



Mengetahui Pembina Gudep


    Rieska Seventina

Tidak ada komentar:

Posting Komentar